MPPL - T1 - Deskripsi dan Inisiasi Proyek

Proyek : Aplikasi untuk menaungi penjualan kerajinan tangan

DESKRIPSI PROYEK
Proyek yang akan dibuat adalah proyek aplikasi mobile yang dapat diakses melalui website dan smartphone. Aplikasi ini dapat memberikan informasi kepada pembeli berupa produk yang dijual oleh pembuat produk secara langsung, serta lokasi dari gerai tersebut.

INISIASI PROYEK
  • Latar Belakang
Kerajinan tangan merupakan alternatif gaya hidup dan bisnis di Indonesia. Keunikan dan kualitas yang baik dari kerajinan produksi dalam negeri ini membuat pangsa pasarnya kembali hidup. Kerajinan tangan yang unik dapat dijumpai hampir di seluruh Indonesia. Kadang-kala, pembeli yang ingin melihat-lihat produk harus datang langsung ke gerai penjual produk, meskipun daerah penjual produk agak sulit dijangkau. Sehingga, untuk dapat menjangkau ke daerah pembuat produk itu perlu energi yang besar. Untuk itu, agar memudahkan pembeli dalam memilih, melihat, dan membeli produk, selain dikarenakan potensi besar dari produk kerajinan tangan dan disertai majunya e-commerce saat ini, sebuah aplikasi smartphone e-commerce khusus untuk produk kerajinan tangan dapat menjadi solusinya.
  • Rumusan Masalah
Bagaimana agar pelanggan produk handmade dapat melihat dan membeli barang-barang produk handmade langsung dari pembuat produk tanpa harus berada di gerainya?
  • Tujuan
Membuat sistem informasi untuk memudahkan pelanggan produk handmade membeli secara langsung dari pembuat produk handmade meskipun tanpa harus datang langsung ke gerai.

Tahapan
  1. Business Case   : mengapa proyek tersebut penting
  2. Feasibility Study  : riset alasan-alasan yang dapat mendukung proyek
  3. Project Charter  : struktur dan pengeksekusian proyek  
  4. Team   : membentuk team pembuat proyek
  5. Project Office  : tempat mengerjakan proyek
  6. Review   : peninjauan ulang fase inisiasi serta seluruh proyek

Dasar Ide

Referensi
https://www.projectmanager.com/blog/project-initiation


Navinda Meutia
05111640000015
MPPL E

Comments

Post a Comment